Wednesday, November 5, 2008

Lowongan CPNS Pemkot Solo 2008

PENGUMUMAN
Nomor : 800/4037/2008
Tentang
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DARI PELAMAR UMUM
PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
FORMASI TAHUN 2008

DASAR :
1. Undang-undang nomor 8 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999.
2. Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
3. Peraturan Pemerintah nomor 97 tahun 2000 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2003.
4. Peraturan Pemerintah nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2002.
5. Peraturan Pemerintah nomor 9 tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.
6. Keputusan Kepala BKN nomor 11 tahun 2002 tanggal 17 Juni 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP 98 tahun 2000 tentang Pengadaan PNS sebagaimana telah diubah dengan PP 11 Tahun 2002.
7. Peraturan Kepala Badan Kepagawaian Negara nomor 30 tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negari Sipil.
8. Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor : PER-0270/MENPORA/7/2008 tentang Persyaratan Pengangkatan Olahragawan Dan Pelatih Olahraga Berprestasi Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.
9. Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor B/310.F/M.PAN/8/2008 tanggal 14 Agustus 2008 Perihal Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi CPNS Daerah Tahun 2008 untuk Pelamar Umum, Tenaga Honorer dan Sekretaris Desa Tahun 2008.
10. Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor B/35.P/M.PAN/10/2008 tanggal 22 Oktober 2008 Perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah Tahun 2008.

Bersama ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Surakarta akan menyelenggarakan seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) dari Pelamar Umum dengan ketentuan sebagai berikut :

I. PERSYARATAN UMUM.
1. Warga Negara Republik Indonesia ditunjukkan dengan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku ;
2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2009. Bagi yang berusia lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun dan setinggi-tingginya 40 (empat puluh) tahun pada tanggal 1 Januari 2009, harus sudah bekerja dan mengabdi pada instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dan atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 sampai dengan sekarang;
3. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan ditunjukkan dengan Ijasah pendidikan dan Ijasah profesi (bagi yang harus melampirkan) disertai transkrip nilai akademik yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan ;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil / anggota TNI / POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta ;
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindak pidana kejahatan;
6. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan / gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia ;
7. Telah terdaftar pada Kantor / Dinas Tenaga Kerja setempat, dibuktikan dengan Kartu Pencari Kerja (AK.I) ;
8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort (Polresta/Poltabes) setempat ;
9. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah;
10. Tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lain dibuktikan dengan Surat Keterangan dari unit pelayanan kesehatan pemerintah ;
11. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia ;
12. Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah instansi di luar Pemerintah Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah, sebelum memiliki masa kerja aktif sekurangkurangnya 8 (delapan) tahun dihitung sejak Pengangkatan CPNS, dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-. (Untuk persyaratan nomor 4 s/d 12 dilengkapi pada saat pelamar dinyatakan lulus ujian seleksi)

II. JENIS, JUMLAH FORMASI YANG DIBUTUHKAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DISYARATKAN
A. Tenaga Kependidikan : 175 formasi
B. Tenaga Kesehatan : 102 formasi
C. Tenaga Teknis Lain : 28 formasi
D. Pelatih Olahraga : 10 formasi

Jenis dan Jumlah Formasi, Syarat Pendidikan dan Jabatan, Kode Formasi serta Kode Jabatan sebagaimana lampiran I Pengumuman ini.

III. TATA CARA PENDAFTARAN DAN SELEKSI ADMINISTRASI.
1. Calon pelamar yang memenuhi kualifikasi dan persyaratan dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan surat lamaran kepada WALIKOTA SURAKARTA dengan alamat PANITIA PENERIMAAN CPNSD FORMASI 2008 KOTA SURAKARTA PO BOX BKD SURAKARTA - SOLO 57100 dengan menggunakan layanan PERLAKUAN KHUSUS FLAT RATE CPNS pada loket pelayanan khusus pelamar CPNS di Kantor Pos, di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan Cap POS pada tanggal 4 Nopember 2008 s/d 16 Nopember 2008 mulai pukul 08.00 s/d pukul 20.00 WIB.

2. Bagi pelamar yang menyampaikan berkas lamaran yang dikirimkan secara langsung kepada Panitia/tidak melalui Kantor POS dan atau dikirimkan sebelum dan sesudah tanggal Cap Pos sebagaimana ditentukan, dinyatakan tidak berlaku/tidak sah/gugur.

3. Surat lamaran ditujukan kepada Walikota Surakarta ditulis tangan sendiri pada kertas folio bergaris sesuai format yang telah ditentukan, tanpa materai dengan menuliskan data selengkap – lengkapnya, sebagai berikut :
- Nama Lengkap (semua gelar pendidikan dituliskan di belakang nama)
- Jenis Kelamin
- Tempat/Tanggal Lahir (ditulis Kab/Kota sesuai yang tertulis dalam Ijasah)
- Pendidikan/Jurusan Tahun Lulus
- Alamat Jelas (Jalan, Dukuh/Kampung, RT/RW, Nomor Rumah, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi, Kode Pos)
- Nomor Telepon atau HP (telepon yang mudah dihubungi)
- Mencantumkan Formasi yang dilamar (sesuai formasi yang dibutuhkan/dibuka dan pendidikan yang dipersyaratkan dan dimiliki pelamar) (Surat lamaran sesuai format sebagaimana lampiran II Pengumuman ini)

4. Surat Lamaran dikirimkan dalam amplop tertutup ukuran 250 mm x 350 mm (tidak dilipat) dengan ditulis jenis dan kode formasi yang dilamar pada pojok kiri atas amplop disertai kelengkapan berkas sebagai berikut :
a. 1 (satu) lembar foto copy Ijasah Pendidikan disertai Ijasah Profesi (bagi yang harus melampirkan) sesuai dengan yang dipersyaratkan untuk formasi yang dilamar (bukan ijasah sementara atau keterangan lulus atau bukti yudisium) dan 1 (satu) lembar foto copy Transkip Nilai Akademik dan atau ujian negara yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
(Pejabat yang berwenang melegalisasi sebagaimana lampiran III Pengumuman ini).

b. 1 (satu) lembar Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang di tingkat desa/kelurahan setempat.

c. Pas photo hitam putih terbaru (maksimal 3 bulan terakhir) ukuran 3 x 4 cm;
menghadap ke depan, tanpa penutup kepala (topi/peci), tanpa penutup wajah dan tanpa kacamata sebanyak 4 lembar dengan dituliskan disebaliknya, nama dan alamat pelamar.

d. Melampirkan Sampul FLAT RATE CPNS sebagai amplop balasan, yang disediakan pada loket pelayanan khusus pelamar CPNS di Kantor Pos, selanjutnya ditulis nama dan alamat pelamar dengan lengkap disertai kode pos.
(Ketentuan amplop lamaran dan Sampul Flat Rate CPNS serta tata cara penulisannya sebagaimana lampiran IV Pengumuman ini)

e. Bagi yang berusia lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun dan setinggi-tingginya 40 (empat puluh) tahun pada tanggal 1 Januari 2009, harus menyertakan Foto Copy Surat Keputusan/Bukti Pengangkatan Pertama dan Terakhir sebagai pegawai/karyawan pada instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dan atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang disahkan oleh pejabat yang berwenang.

f. Formasi Pelatih Olahraga diperuntukkan bagi Olahragawan dan Pelatih Olahraga yang Berprestasi. Ketentuan persyaratan Olahragawan dan Pelatih Olahraga Berprestasi diatur sebagai berikut :
1) Bagi Olahragawan Berprestasi berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2009 dan melampirkan Foto Copy Sah piagam/sertifikat atas prestasinya yang dikeluarkan oleh lembaga/induk organisasi olahraga yang berwenang dengan ketentuan.
- Asian Games atau Olimpiade/Para Olimpic minimal Juara III/Medali Perunggu ;
- Pekan Olahraga SEA Games/Para Games, minimal Juara II/Medali Perak ;
- Pekan Olahraga Nasional (PON)/Pekan Olahraga Cacat Nasional (PORCANAS), sebagai Juara I/Medali Emas ;

2) Bagi Pelatih Olahraga Berprestasi batasan usia sesuai ketentuan pada persyaratan umum dan melampirkan Foto Copy Sah piagam/sertifikat/surat keterangan atas pengalaman sebagai pelatih yang menghasilkan Olahragawan Berprestasi sesuai ketentuan pada huruf (f) nomor (1), yang dikeluarkan oleh induk organisasi cabang olahraga atau lembaga yang membidangi keolahragaan.

5. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mengajukan 1 (satu) jenis formasi dalam 1 (satu) lingkup instansi.

6. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diberikan Kartu/Tanda Peserta Ujian CPNSD Tahun 2008 dan dinyatakan dapat mengikuti ujian seleksi. Kartu/Tanda Peserta Ujian CPNSD Tahun 2008 dikirimkan kepada pelamar melalui pos sesuai dengan alamat yang tercantum dalam amplop balasan.

IV. TAHAPAN PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI.
1. Ujian Seleksi dilakukan melalui Tes Kompetensi Dasar (TKD).

2. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilaksanakan secara tertulis.
a. Waktu dan Tempat
Hari : Minggu
Tanggal : 7 Desember 2008
Pukul : 08.00 WIB - Selesai
Tempat : Sesuai dengan yang tertulis dalam Kartu/Tanda Peserta Ujian CPNSD.

b. Materi Tes Kompetensi Dasar terdiri atas :
- Tes Pengentahuan Umum (TPU).
- Tes Bakat Skolastik (TBS).
- Tes Skala Kematangan (TSK).

(Materi dan unsur dari masing-masing jenis Tes Kompetensi Dasar sebagaimana lampiran V Pengumuman ini)

c. Perlengkapan yang dibawa pada waktu Ujian Seleksi :
- Asli Kartu/Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2008
- Asli Tanda Pengenal Identitas Diri (KTP/SIM)
- Pensil 2B
- Karet Penghapus
- Rautan Pensil
- Ballpoint
- Alat tulis lain yang diperlukan

V. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI DAN UJIAN SELEKSI
1. Pengumuman Seleksi Administrasi didasarkan pada hasil penelitian berkas sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dan akan disampaikan hasilnya melalui pos sesuai dengan alamat yang tercantum dalam amplop balasan. Informasi proses perkembangan seleksi administrasi dapat dilihat pada website Pemerintah Kota Surakarta paling cepat 3 X 24 jam sejak surat lamaran diterima Panitia.
2. Pengumuman hasil ujian seleksi didasarkan pada hasil ujian tertulis sesuai urutan rangking nilai tertinggi per jenis formasi dan kualifikasi pendidikan.
3. Pengumuman hasil ujian seleksi akan disampaikan oleh Panitia melalui media cetak daerah, dan media papan pengumuman tempel di instansi Pemerintah Kota Surakarta pada tanggal 31 Desember 2008.

VI. LAIN-LAIN.
1. Seluruh proses pengadaan CPNS mulai dari proses pendaftaran/pelamaran, pelaksanaan seleksi sampai dengan penentuan kelulusan tidak dipungut biaya (kecuali pengiriman surat lamaran oleh masing-masing pelamar lewat PT. POS Indonesia) dan bebas dari praktek korupsi, kolusi, nepotisme serta pemalsuan dokumen.
2. Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau pelamar yang dinyatakan lulus seleksi, terbukti memberikan Keterangan atau data PALSU pada saat proses pendaftaran/pelamaran dan ujian seleksi, dinyatakan Tidak LULUS / GUGUR dan akan dikenakan sanksi hukum yang berlaku.
3. Seluruh dokumen yang telah diserahkan, menjadi milik Panitia dan tidak dapat dimintakembali.
4. Keputusan Panitia Pengadaan CPNS Tahun 2008 Pemerintah Kota Surakarta tidak dapat diganggu gugat.
5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Pengadaan CPNS Tahun 2008 Kota Surakarta d/a. Badan Kepegawaian Daerah Kota Surakarta (Komplek Balaikota Surakarta) Jl. Jend. Sudirman No. 2 Surakarta Telp. 0271-642020 pswt. 465, 466, 467, 468 Fax. 0271-638088 Email. bkdsolo@gmail.com
6. Pengumuman Pengadaan CPNS Tahun 2008, Hasil Seleksi Administrasi dan Hasil Ujian Seleksi dapat dilihat pada media cetak daerah, papan pengumuman tempel di instansi Pemerintah Kota Surakarta atau pada website Pemerintah Kota Surakarta www.surakarta.go.id.

Surakarta, 28 Oktober 2008
WALIKOTA SURAKARTA
Ir. H. JOKO WIDODO

Lihat FORMASI

Cari Cepat Informasi Lowongan Pekerjaan Disini

Lowongan Karir Terbaru

Info Lowongan Kerja Hari Ini

Lowongan Pekerjaan Baru

Info Beasiswa Scholarship Terbaru

Lowongan Kerja Terbaru

Info Lowongan Pekerjaan Terbaru

Info Lowongan Pekerjaan Terbaru © 2008. Template by Dicas Blogger.
Modified by Sharing Knowledge for All Redistributed by Blogger and Wordpress Templates
Vacancy Networks: Informasi Lowongan Pekerjaan | Scholarship Beasiswa | Job Career - Vacancy
Lowongan Kerja Terbaru 2009 | Info Lowongan Kerja Terbaru | Lowongan 2009 | Privacy Policy